5 Kegiatan Ini Membuktikan Membaca Dapat Dilakukan Kapan Saja

Membaca umumnya digambarkan sebagai sesuatu yang bersifat tenang dan penuh konsentrasi. Tak heran jika kemudian muncul berbagai tempat khusus untuk mengakomodasi kegiatan ini seperti perpustakaan, coffee and book store, hingga kamar pribadi. Namun tahukah kamu, 5 kegiatan dibawah ini justru semakin mengasyikan jika sembari dengan membaca loh!

Baca Juga Artikel Menarik Ini:

1. Saat menunggu bus atau kereta

Photo by Roman Kraft on Unsplash

Kalau kamu datang kepagian dan beruntung dapat kursi saat menunggu transportasi jemputan, coba keluarkan sejenak buku pelajaranmu. Mengulang awal materi yang akan dibahas pagi itu dapat mempersiapkan otak kita agar lebih mudah menyerap pelajaran nantinya. Tak hanya kamu yang pelajar, penumpang umum lainnya pun dapat memanfaatkan momen ini untuk membaca semisal berita. Tak masalah jika tak bisa mendapatkan koran fisik, kamu bisa menggunakan tablet atau smartphone mu kok.

2. Saat memancing

Mereka yang gemar memancing pastinya ngerti banget kalau waktu yang dibutuhkan untuk mendapat satu tangkapan pancingan terkadang cukup lama. Nah membaca buku tentunya bisa mengatasi rasa bosan sekaligus melatih kesabaran. Pilihan jenis bacaannya pun beragam. Mulai dari buku teka teki silang yang bisa merangsang otakmu, hingga buku novel petualangan bertema alam yang pastinya klop dengan situasimu kala itu. Buku unsur komedi juga tak kalah menarik. Setidaknya kalau tangkapanmu gagal kali itu, kamu tak terlalu sedih karena sudah sedikit terhibur melalui buku bacaanmu tersebut.

3. Saat mengantri tiket menonton bioskop

Pernah merasakan antrian yang panjang saat membeli tiket bioskop? Bikin males ga sih? Tapi demi menikmati film favorit tayang perdana, antrian yang mengular pun kudu dijabanin. Apalagi jika promo tiket sedang murah. Biar makin sip, sediakan bekal buku bacaan yang sesuai dengan judul film. Bukan bermaksud spoiler sih, namun terkadang baca bukunya terlebih dahulu baru nonton filmnya memudahkan kita untuk membayangkan isi ceritanya. Apalagi saat nonton film horor. Setidaknya saat adegan jumpscare kita sudah lebih dulu ambil ancang-ancang tarik nafas dan tutup mata sebelum ketemu hantunya. Tapi hati-hati pegel ya. Karena baca buku sambil berdiri itu lumayan juga capeknya lho.

4. Saat kencan pertama

Image by Pexels from Pixabay

Tujuannya selain membunuh waktu saat menunggu dia, tentunya tak lain untuk meningkatkan citra diri. Gimana pun juga calon yang terlihat smart lebih berpotensi untuk naik kelas jadi pasangan. Siapa sih yang ga pengen punya pacar pinter? Biar maksimal, sesuaikan buku yang kamu bawa dengan minatmu sendiri. Hal ini pastinya bisa memperkuat karaktermu di mata doi loh. Dan jangan khawatir mati gaya. Bahasan isi bukumu pastinya bisa membuka obrolan manis yang berlanjut ke kencan berikutnya.

5. Saat di toilet

Photo by Matt Artz on Unsplash

Kalau kamu perhatikan kenapa sih terkadang orang cukup lama berada di dalam toilet? Yup, tak lain dan tak bukan karena mereka memanfaatkan momen ini untuk membaca sekilas. Entah itu memantau cuitan berita, portal komunitas hingga membalas pesan singkat via chatting. Beberapa diantaranya bahkan membawa koran saat menuntaskan buang hajat. Memang sih rasanya bilik toilet dengan ukuran standar dapat menciptakan ruang pribadi sederhana untuk kita. Sehingga seolah nyaman jika kita lalu membarenginya dengan scroll sosial media sejenak. Eits tapi jangan kelamaan juga ya! Karena rupanya berada terlalu lama di toilet tak baik untuk kesehatan. Segera keluar dan gantian, karena yang antri kebelet ga cuma kamu lho!

Nah, 5 contoh diatas dapat membuktikan bahwa membaca bisa dilakukan kapan saja. Asal dengan durasi waktu dan media membaca yang tepat tentunya. Psst.. konon katanya inspirasi justru dapat datang ditempat-tempat tak terduga lho. Sehingga manfaatkanlah waktu untuk terus membaca dimana pun kamu berada ya!

Leave a Reply

Close Menu