Inilah Daftar Buku Jane Austen Yang Perlu Kamu Baca

Kamu suka buku klasik? Beberapa tahun belakangan ini, buku-buku klasik mulai banyak diminati kembali. Entah karena jalan ceritanya atau muatan konflik sosial yang ada di dalamnya, sastra klasik selalu mempunyai tempat tersendiri bagi para pembaca. Salah satunya karya legendaris milik Jane Austen.

Wah siapa dia? Jane Austen adalah salah satu penulis roman abad ke 18. Karyanya dianggap sebagai bentuk lain dari feminisme pada masa itu. Austen dikenal lewat tulisannya yang kerap menyoroti soal perempuan. Mulai dari isu perjodohan, hak dalam pernikahan, serta ketimpangan strata sosial yang berlaku di masyarakat saat itu. Menariknya, walau tema yang diusung cukup berat, Austen mampu menyampaikannya dalam bentuk romansa komedi.

Semasa hidupnya, Austen telah menelurkan beberapa karya tulis. Hampir semua karyanya fenomenal dan terus di cetak ulang hingga sekarang. Nah, buat kamu yang pengen baca karya beliau, yuk coba simak 8 judul di bawah ini. Tenang… semuanya sudah versi terjemahan kok!

Ini Dia 8 Judul Buku Jane Austen Berbahasa Indonesia

1. Persuasion

Mantan kamu yang dulu ngilang gitu aja mendadak nongol lagi? Duh pasti jadi baper! Anne Eliot di buku ini juga baper parah pas Kapten Wentworth yang dulu tunangannya, tiba-tiba saja muncul lagi dalam hidupnya. Apalagi sosok si Kapten saat muncul jauh berbeda dengan 8 tahun yang lalu. Ia jauh lebih mapan dan tampan. Hm.. Jangan-jangan Kapten Wentworth pengen ngajak balikan Anne?

Intip ceritanya lewat review singkat di bawah ini. Eh covernya yang cakep ini, pas banget buat nambah koleksi buku-buku cantik di rumah loh.

2. Northanger Abbey

Austen bisa menulis horor? Iya, novel ber-cover merah ini satu-satunya karya Austen yang ada unsur misterinya. Adalah kastil tua Northanger Abbey yang menjadi tempat petualangan seorang Heroine bernama Catherine kali ini. Ia yang gemar membaca novel misteri, menduga terjadi pembunuhan terselubung pada kastil tersebut. Ditengah kunjungannya, Catherine pun berusaha memecahkan teka-teki yang ada di tempat tersebut.

Berbekal deduksi sederhananya dan lilin ditangan, ia pun menjelajahi lorong-lorong tua yang lembab. Sampai suatu ketika ia menemukan sebuah kamar rahasia yang ternyata di dalamnya telah berdiri seorang bangsawan tampan, Henry Tilney. Wah apakah dia pelakunya?

Penasaran? Coba cek di lapak-lapak buku jika belum kehabisan. Kalau kamu beruntung, novel ini bisa mendarat manis di pangkuanmu.

3. Lady Susan

Ini yang paling beda! Jika semua novelnya dominan tentang Young Lady (wanita yang belum menikah), Lady Susan justru digambarkan sebagai janda genit yang berbahaya! Lewat pesonanya, Lady Susan digilai oleh banyak lelaki, baik yang masih single maupun pria beristri. Waduh jadi ini tentang pelakor?

Sebelum menghujat, coba simak review panjangnya di sini. Ada image cover filmnya juga loh. Barangkali kalau membaca buku ini terlalu berat untukmu, kamu bisa langsung nonton filmnya. Stt.. hati-hati jadi kepincut sama Lady Susan yah!

4. Mansfield Park

Geser deh untuk lihat covernya!

Mungkin kisah Fanny Price yang paling relate dengan banyak orang. Dia sudah menyukai sahabatnya sejak masa kanak-kanak hingga dewasa. Selama itu pula, cewek ini rela memendam perasaannya dan membiarkan Edmund untuk mendekati wanita lain. Bagai disayat belati, teriris-iris guys baca ini!

Pas baca ini, banyak banget adegan yang bikin kita jadi gemes sendiri sama Fanny. Iya! Disaat Heroine lainya tangguh dan lugas, Fanny terkesan yang paling lemah. Sering sakit dan mudah mewek.

Stop! Jangan keburu sebel dulu. Coba deh baca cerita lengkapnya sebelum menghakimi. Saya jadi pengen tahu pendapatmu tentang buku ini.

5. Juvenilia

Kalau yang lainnya sudah komplit jadi novel tebal, Juvenilia justru tidak selesai. Loh kok bisa? Iya buku ini merupakan kumpulan karya-karya Austen muda sebelum debut jadi novelis. Kamu akan menemukan banyak puisi, prosa, hingga cerita pendek yang ia tulis.

Jadi kalau saya ditanya, buku apa yang sebaiknya dibaca jika ingin berkenalan dengan Austen? Saya akan menyarankan buku ini. Lewat buku inilah saya jadi banyak mempelajari ide-ide tulisannya. Lewat buku ini juga saya sepakat kalau Austen memang brilian sejak muda.

Kamu sudah baca belum?

6. Sense and Sensiblity

Adalah dua bersaudari Elinor dan Marriane yang tengah mengalami konflik percintaan. Elinor si kakak, cenderung bersifat tertutup. Berbeda dengan Marriane yang spontan dan mudah baper. Manakah diantara keduanya yang akan kamu pilih?

Sama seperti Pride and Prejudice, karya ini salah satu yang menjadi favorit banyak orang. Bahkan tak hanya Inggris, beberapa negara lain juga turut membuat adaptasinya dalam bentuk film. Salah satunya besutan India yang berjudul Kandukondain, Kandukondain (2000). Kamu sudah pernah nonton?

7. Emma

Ini dia si Emma, Mak Comblang abad ke 18. Young Lady yang satu ini sudah kaya dari lahir dan punya banyak waktu luang. Hobinya mencarikan jodoh untuk orang lain. Untuk bibinya, untuk kawannya, juga untuk pendeta di kediamannya. Sampai suatu hari Emma kena batunya sendiri. Ia kapok dengan aktivitas yang tak berfaedah itu. Ditengah dirinya yang mencoba tobat, Mr. Knightley bangsawan tetangganya justru ditaksir sahabatnya.

Waduh.. haruskah Emma mengalah pada perasaannya yang telah tumbuh pada pria itu?

Eh mumpung kamu penasaran, coba swipe deh! Intip journal saya saat menuliskan kembali karakter Emma dalam buku ini. Ada ilustrasinya πŸ˜€

8. Pride and Prejudice

Yakinlah kamu pasti tahu buku ini. Minimal pernah dengar atau nonton sekilas preview filmnya kan? Iya, Pride and Prejudice memang sangat fenomenal! Diantara karya Austen, Pride and Prejudice lah yang paling sering dicetak ulang. Bahkan live action nya pun turut kebanjiran penonton!

Karena buku ini yang begitu laris manis hingga sekarang, beberapa penulis kontemporer turut membuat versi modern retelling nya loh! Yah siapa sih yang ga akan suka bangsawan kaya rendah hati macam Mr. Darcy? Rasanya semua pembaca mendadak ingin jadi Elizabeth biar bisa diundang ke Pemberly. Eh kamu salah satunya?

Biar lebih mantap, coba deh baca review panjangnya di sini. Atau intip juga keseruan modern retelling nya di artikel berikut ini yah!

Sebenarnya ada lagi beberapa karya beliau yang belum diterjemahkan. Salah satunya novel yang berjudul Sanditon. Buku ini adalah karya terakhir Austen sebelum meninggal dunia. Karena belum selesai, beberapa penulis lain mencoba merampungkan jalan cerita yang ada pada buku ini. Meski begitu, tetap saja para kritikus sastra menganggap jalan cerita sambungan tersebut tidak bernafaskan Austen. Tidak mempunyai ciri khas penulisan seorang Austen.

Kalau kamu penasaran, kamu bisa baca versi yang berbahasa Inggris. Novel Sanditon kerap kita temui di toko buku luar. Atau kalau beruntung, kamu bisa temukan buku ini pada event Big Bad Wolf Indonesia. Siap-siap rebutan yah!

Nah itu semua adalah buku-buku karya Jane Austen yang wajib kamu baca sebagai penggemar sastra klasik. Tulis di kolom komentar dong, yang mana novel favorit mu? πŸ˜€

This Post Has 21 Comments

  1. Belum pernah baca satu pun….sedihnya

    Sering mendengar mengenai Jane Austen, tapi sungguh belum pernah menyentuh tulisannya barang satu. Sedih banget ! dan sangat kebangetan!

    1. aaak hati-hati ketagihan kak baca karya-karya beliau πŸ˜€

  2. Terima kasih kak, tertarik bacaa 😍

    1. terima kasih juga sudah mampir πŸ˜€

  3. Fix bakalan ada di TBR kuhhπŸ˜†

  4. Wah keren banget kak 😭 fiks mau cari salah satu buku beliau

    1. cuss.. dipinang kak buku2 beliau

  5. Belum pernah baca satupun:”

    1. semoga bisa baca ya kak kapan2

  6. Belum pernah baca karya jane austen. Penasaran sih sama karyanya beliau. Semoga nanti bisa bacaπŸ™ˆ

    1. yes! semoga kelak bisa baca ya!

  7. Duhh, semoga nanti bisa baca karyanya beliau. Udah masuk wish listπŸ™ˆ

  8. Aku belum pernah baca novel klasik gini. Tapi, review teman-teman bookstagram ngeracun banget, khususnya Pride and Prejudice sama Emma 🀩
    Sekarang masuk wishlist πŸ˜…

    1. iyaaa maafkan kami hobi ngeracun πŸ˜€

  9. Waah, makasih informasinya, semoga bisa segera baca bukan Jane Austen

    1. yes! terima kasih sudah mampir

  10. Wah terima kasih kak infonya, jadi tertarik buat baca

  11. keren banget ulasannua Kak😍

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: