Jangan Sampai Kelewatan, Inilah 6 Challenge Menarik di Bulan September

Tak terasa sudah memasuki pertengahan bulan September. Apa kabar progress membacamu? Buat kamu yang lagi rehat membaca dan jenuh, mungkin perlu sesekali mengikuti Instagram challenge buku berikut ini. Tak hanya membangkitkan mood membaca, ikutan challenge juga bisa memperluas pertemanan serta mengasah kreatifitasmu tentunya. Beberapa diantaranya juga sekaligus giveaway buku loh. Yuk pantengin, barangkali ada yang kamu minati disana.

1. Foto dan Jawab Pertanyaannya di Caption ya

Tantangan pertama datang dari komunitas buku terbesar di Indonesia @bookstagramindonesia Setiap bulannya akun ini mengadakan challenge seru loh. Dalam rangka memperingati Hari Literasi Internasional dan Hari Penerjemah Internasional, kali ini @bookstagramindonesia bekerja sama dengan @tukuobuku mengadakan giveaway berhadiah voucher buku.

Sumber gambar: https://www.instagram.com/bookstagramindonesia/

Di bulan September ini, @bookstgramindonesia mengadakan 2 kali giveaway dalam 1 bulan. Jadi tak usah khawatir! Jika sesi pertama sudah terlewat, kamu masih berkesempatan ikut di sesi yang kedua. Yuk baca ketentuannya disini.

2. Posting Cover Buku sesuai Dengan Tema Bulan ini

Selanjutnya, @komunitaspembacabuku yang digagas oleh salah satu blogger sekaligus bookstagramer kondang @welldonemustofa juga rutin mengadakan kegiatan serupa. Jika di tempat lain terbatas pada 6-14 hari pelaksanaan, di sini rentang waktu submit di tiap challenge, biasanya lebih lama. Dimulai dari tanggal 1 September kemarin, kamu diberi kesempatan selama 1 bulan untuk menyelesaikan satu tantangan. Cocok nih buat kamu yang pengen ikutan tapi ga mau diburu-buru deadline.

Sumber gambar:
https://www.instagram.com/komunitaspembacabuku/

3. Resensi Buku Berhadiah Tanda Tangan Penulisnya

Kalau kita punya buku yang di tanda tangani oleh penulisnya langsung, rasanya pasti bangga banget! Beruntung nih, @pameranbuku ngadain giveaway yang hadiahnya berupa 6 buku bertanda tangan penulisnya, mas @agusnoor_ untuk 6 orang pemenang. Seperti dilansir oleh Wikipedia, Agus Noor merupakan sastrawan senior Indonesia yang telah terjun ke dunia sastra sejak muda. Ia dikenal melalui karya puisi, cerpenis dan juga penulis naskah. Salah satu yang banyak dikenal adalah program Sentilan Sentilun Metro TV yang juga dibintangi oleh Butet Kertaradjasa.

Sumber gambar: https://www.instagram.com/pameranbuku/

Kalau kamu tertarik, cobalah menulis resensi salah satu buku karya beliau dan posting di feed instagram-mu ya. Ayo buruan karena tenggatnya sebentar lagi nih!

4. Challenge Mudah Hadiah Wah!

Pernah dengar Penerbit Rainbow asal Yogyakarta? Yup baru-baru ini mereka melakukan re-branding menjadi Penerbit Aurora dengan mengedepankan konsep yang lebih kekinian. Dalam rangka menyambut opening ini, maka Penerbit Aurora melalui halaman instagram-nya, @penerbitaurora mengadakan giveaway dengan banyak hadiah yang wah. Tak hanya buku, kamu akan mendapatkan beberapa merchandise menarik yang bisa membuat tampilanmu lebih gaya. Caranya pun terbilang cukup mudah dibanding challenge lainnya. Simak syaratnya dibawah ini ya.

5. Buku dan Sepatu Boleh Juga

Jika di tempat lain dominan dengan hadiah buku, tantangan yang datang dari @bibliobubudi cukup berbeda. Bookstgramer senior ini berkolaborasi dengan @jrvsforthegirls mengadakan giveaway yang hadiah utamanya adalah sepatu! Coba intip ketentuannya disini yah.

Sumber gambar: https://www.instagram.com/bibliobubudi/

Mengingat @blibiobubudi dikenal dengan teknik fotonya yang menarik dan tone yang khas, maka kamu diminta untuk posting karya jepretanmu sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Deadline challenge ini masih lama loh. Jadi masih ada waktu nih buat setting properti dan hunting tempat yang pas buat foto.

6. Sayembara Puisi Berhadiah Jutaan Rupiah

Oke yang ini jelas nggak main-main! Dalam rangka memperingati Hari Literasi Dunia, Shira Media Grup mengadakan Sayembara Menulis Puisi bertema Damai. Kamu bisa cek ketentuannya di halaman instagram mereka, @shiramedia . Setiap pemenang nantinya akan mendapat uang jutaan rupiah, piagam penghargaan, serta buku kumpulan puisi. Bahkan karya 100 Nominator terbaik juga akan ikut diterbitkan menjadi buku. Wah, pastinya bangga dong kalau puisi kamu bisa bersanding bersama penulis lainnya.

Sumber gambar:
https://www.instagram.com/shiramedia/

Jadi tunggu apalagi, segera baca persyaratannya dan submit karyamu disini ya! Tenggat waktunya sebentar lagi loh.

Itulah 6 tantangan seru yang bisa kamu ikuti. Gimana? Sudah ada yang kamu incar hadiahnya? Semoga beruntung ya!

Leave a Reply

Close Menu