Painting With ZOETOYS

Yippie! Pagi itu kami kedatangan paket. Rupanya hadiah Giveaway dari Kulwap Playful Parents 101 sudah sampai. Iya, beberapa waktu lalu saya memang mengikuti kelas parenting yang diadakan oleh Grace Melia. Di penghujung kelas ada program GA yang berhadiah mainan anak. Dan Alhamdulilah, saya beruntung memenangkan salah satunya. Wah dapat apa nih? Dapat seperangkat alat bermain warna yang seru! Ada Painting Apron, Dottie Sponge, juga Food Coloring. Semuanya dari Zoetoys.

Buat kamu yang belum tahu, Zoetoys menyediakan paket-paket permainan menarik yang sudah disesuaikan dengan tingkatan usia anak. Jenis permainannya adalah fun learning yang artinya anak juga sekaligus belajar saat proses bermain. Bahasa kerennya Edutoys!

Setiap paket sudah dilengkapi alat bermain dan bahannya. Seperti contoh yang saya dapatkan di bawah ini.

Isi Paket dari Zoetoys
  • Painting Apron berfungsi sebagai shield agar baju anak tidak kotor saat bermain.
  • Dottie Sponge adalah tools sejumlah 4 buah dengan jenis ukuran lingkaran yang berbeda. Gagangnya cukup kokoh dan sudah disesuaikan dengan ukuran tangan anak.
  • Food Coloring sebagai pengganti cat warna pada umumnya, yang tentu saja lebih ramah dan aman untuk anak. Tekstur Food Coloring juga sudah encer sehingga tidak perlu tambahan air.

Wah sudah tak sabar rasanya ingin bermain ya? Yuk kita lengkapi bahan-bahannya.

Ayo Bermain Painting Set dari ZOETOYS

 Warning: diperuntukkan bagi anak 2 tahun ke atas. Harap dampingi saat bermain.  
Bermain dengan Dottie Sponge.

Note: Jika anak menolak menggunakan Apron tidak apa-apa. Food Coloring relatif mudah dibersihkan. Pastikan baju segera direndam usai bermain ya!

Tujuan dan Manfaat Bermain

  • menyalurkan aktivitas motorik halus: anak bermain dengan tangan serta kekuatan tekanan pada kertas
  • mendorong daya imajinasi: anak menggambarkan bentuk yang diinginkan lewat warna
  • melatih konsentrasi: anak fokus pada permainan dengan durasi waktu tertentu
  • membangun komunikasi: terjadi percakapan antara orang tua dan anak saat proses bermain
  • menstimulisasi hormon oksitosin: anak yang ceria saat bermain, juga turut mengisi tangki kebahagiannya sehingga lebih mudah untuk melakukan aktivitas harian lainnya sesudah bermain

Bahan Yang Perlu Disiapkan

  • Paket Painting Set dari Zoetoys
  • Kertas Gambar
  • Palet/wadah cat

Langkah Pekerjaan

  1. Siapkan tempat untuk bermain. Bisa di lantai atau di meja.
  2. Siapkan pula kertas gambar serta wadah cat
  3. Ayo Bermain

It’s Painting Time!

Hmm.. gimana sih cara bermain yang optimal? Kami membaginya dalam dua tahap. Tahap pertama Fun Learning, anak mengikuti arahan moderator. Di sini tujuannya belajar dengan konsep yang menyenangkan ya! Setelah puas belajar, kami masuk ke tahap Free Play, dimana anak lebih bebas mengeksplorasi permainan dan moderator sebagai peserta. Simak contohnya dibawah ini ya.

Fun Learning:

Orang tua menggambar pola atau konsep pada kertas gambar. Lalu meminta anak melakukan sesuai perintah pada kertas.

Contoh: Saya menuliskan angka dan warna. Lalu anak men-cap sesuai dengan jumlah dan jenis warna pada kolom yang sudah di sediakan.

Berikut Video saat Fun Learning. Anak mengikuti arahan berhitung menggunakan media Dottie Sponge. Anak berlatih konsentrasi menggerakkan tangannya dengan dipandu orang tua yang berhitung di sebelahnya.

Free Play:

Anak yang memimpin komando permainan. Bebaskan dirinya berekspresi saat bermain warna.

Contoh: Anak menggambar sesuka hati tanpa pola pada kertas. Anak juga mengeksplorasi warna, mencampur warna serta menggambar bebas dengan atau tanpa Dottie Sponge. Orang tua turut menggambar atau menulis bebas di sebelahnya.

Anak tampak senang saat Free Play

Nah mudah kan caranya! Terkadang saat bermain anak melakukan inisiatif atau menginterupsi gambar kita. Tak usah khawatir, yang penting kita semua senang ya saat proses bermain ini. Selamat mencoba di rumah, Mom!

______________________________________________________________________________

Bikin Juga Mainan Seperti Ini Yuk

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: