Pengalaman Ikut Kelas Playful Parents 101 Batch #3

Semenjak menjadi seorang Ibu, saya semakin mengerti bahwa pekerjaan ini tidak segampang kedengarannya. Tak terbatas hanya mengasuh dan mendidik, menjadi Ibu perlu juga menyelami banyak peran. Ambil contoh dalam sehari saja, saya bisa merangkap sebagai koki, go-clean, guru kelas, bendahara, pengawas, hingga teman curhat. Wajarlah kalau rasanya badan ini lelah sekali menghadapi tingkah laku bocah seharian. Ada yang ngerasain gini juga?

Selain urusan domestik, ada kalanya saya menyempatkan untuk memperkaya ilmu parenting. Tak hanya dari buku, saya juga sering membaca-baca artikel terkait parenting baik dari web ternama ataupun random yang ada di sosial media. Nah baru-baru ini saya beruntung mendapat kesempatan ikut kelas Playful Parents 101 yang diadakan oleh Grace Melia. Buat yang baru mengenal Kak Gesi, beliau adalah salah satu Play Terapist yang kerap membagikan insight terkait parenting dan bermain. Kamu bisa baca-baca di blognya sini. Atau follow akun IG nya disini.

Informasi Seputar Kelas Playful Parents 101 Yang Perlu Kamu Tahu

Kali ini saya mau coba share hasil pengalaman saya ikut kelas tersebut. Saya sudah pernah share short story nya di sini. Tapi mumpung masih fresh, saya ingin menulis lebih panjang. Siapa tahu ada Mom yang tertarik untuk ikutan juga 🙂

Apa Kelas Playful Parents 101 itu?

Ini adalah kelas parenting dengan tema pembahasan seputar bermain.

Bagaimana Cara Kelas Berlangsung?

Kemarin saya mengikuti kelas Playful Parents 101 yang Batch #3. Dikarenakan sedang pandemi, maka formatnya adalah Kulwap atau Kuliah Whatsapp.

Berapa Lama Waktunya?

Kurang lebih 1 minggu dengan 3 hari intens full materi serta tanya jawab. Namun karena sifatnya Kulwap, peserta tak harus stand by saat kelas berlangsung. Kecuali peserta yang memang terpilih pertanyaannya untuk dijawab oleh narasumber di hari itu.

Merekam pada Jurnal

Seperti Apa Gambaran Materinya?

Informasi penting terkait bermain. Seperti: manfaat bermain, kategori permainan (Free Play dan Fun Learning), proses bermain, hingga contoh permainan. Ada juga kolom tanya jawab, tugas yang harus (tidak wajib) dikumpulkan, juga program Giveaway di akhir acara.

Apa Yang Saya Dapatkan Dari Kelas ini?

Banyak! Saya mendapat materi awal tentang bermain. Sesudahnya saat proses tanya jawab berlangsung, Kak Gesi turut memberi beberapa materi tambahan terkait pertanyaan. Misalnya saat saya bertanya soal mood yang naik turun, oleh Kak Gesi saya diberi diagram 6 Dimensions of Wellness yang ternyata cukup penting dan berpengaruh terhadap proses bermain. Beliau juga merekomendasikan beberapa channel menarik seperti daftar channel yoga atau channel anak yang mengedukasi.

Apakah Grup Dibubarkan Setelah Kelas Selesai?

Tidak. Justu setelah kelas selesai, para peserta boleh saling share info apa saja, yang penting masih dalam satu tema. Kak Gesi pun masih aktif membagikan materi ter-update, juga menjawab pertanyaan susulan yang kerap datang dari peserta.

Apa Yang Menjadi Nilai Plus dari Kelas Ini?

Interaksi yang dibangun oleh Kak Gesi dan Peserta kelas bisa dikatakan jempolan. Walau hanya sekedar tanya jawab, namun Kak Gesi bisa memberi masukan yang porsinya pas, tidak memihak, tidak menyalahkan atau membenarkan. Alih-alih Ia justru menawarkan solusi (namun tidak memaksa), yang terkadang luput di mata peserta. Karena itulah, peserta merasa dekat dengan narsum meski hanya lewat media teks.

Berapa Biayanya?

Only 100k and it’s worth!

Benefit of Play for Me

Ikuti Program Giveaway Di Akhir Kelas

Di akhir kelas, saya mencoba peruntungan mengikuti Giveaway. Niat saya kala itu murni hanya ingin membagikan pengalaman berharga selama mengikuti kelas ini. Saya pikir, diluar sana pasti banyak Mom lain yang butuh info seputar parenting dan bermain. Atau paling tidak, para Mom yang menginginkan wadah melepas penat, mencari teman sharing dan mendapat hal-hal baru. Yes, you’re not alone!

Maka saya mencoba membuat testimoninya seperti di bawah ini. Sekaligus di dalamnya ada contoh Free Play yang biasa saya mainkan bersama anak saat sebelum tidur.

Beruntung, saya memenangkan Giveaway tersebut. Saya mendapat hadiah Painting Set dari Zoetoys. Anak saya senang sekali dan langsung mengajak bermain saat paket itu baru saja datang. Coba intip keseruannya disini ya!

Nah, itulah pengalaman saya saat mengikuti Kulwap Playful Parents 101 Batch #3. Semoga apa yang saya tuliskan ini bisa menambah informasi untuk Mom yang sedang mencari kelas parenting. Akhir kata, terima kasih sudah membaca. Semangat untuk kita semua ya, Mom!

Salam hangat.

This Post Has 6 Comments

  1. Wow. Keren. Tertarik ikut kelasnya juga

    1. iya kak. semoga next batch bisa ikutan juga ya kak 🙂

  2. Kerennn pakek bangett kak

    1. terima kasih, ikutan juga kak 🙂

  3. Mantap..bagus banget article nya.

    1. semoga informasinya membantu 😀

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: