Temani Masa Kehamilanmu dengan 5 Jenis Buku Ini

Menyambut kelahiran buah hati merupakan sesuatu yang paling dinanti-nanti oleh setiap keluarga. Mulai dari pakaian, kereta bayi, popok hingga beberapa mainan sudah disiapkan sejak jauh hari. Adapula yang melakukan pregnancy photo untuk mengabadikan momen tersebut. Namun mempersiapkan diri sendiri dan pasangan untuk menjadi pribadi yang mumpuni dalam mengemban tugas sebagai orangtua adalah hal yang tak kalah penting. Berikut adalah rekomendasi 5 jenis bacaan yang bisa menemani masa kehamilanmu agar lebih siap menjelang hari H:

Image by BRUNA BRUNA from Pixabay

Baca Juga Artikel Menarik Berikut Ini:

1. Buku informasi tentang kehamilan dan persalinan

Tentunya buku ini yang paling pertama wajib ada dalam list bacaanmu. Isinya seputar topik kehamilan: asupan gizi, perkembangan janin di dalam perut sampai kepada jenis-jenis metode persalinan. Lebih bagus lagi jika buku ini bisa dilengkapi dengan gambar-gambar yang berkaitan dengan sub tema, sehingga lebih mudah untuk kamu membayangkan apa yang tengah dan akan terjadi pada tubuhmu selama periode ini.

Sumber: New Pregnancy and Birth – Dokumen Pribadi

Contoh diatas adalah buku New Pregnancy & Birth. Ini adalah buku impor yang ditulis oleh Dr. Miriam Stoppard. Dibuat dengan banyak teks dan juga gambar yang informatif membuat buku ini menjadi best seller di UK. Namun jika kamu susah menemui buku impor sejenis, tak usah khawatir. Saat ini sudah banyak buku-buku terbitan lokal yang juga tak kalah bagusnya lho.

2. Buku yang mengasah otak

Beberapa penelitian mengatakan, perkembangan kecerdasan bayi dimulai dari dalam kandungan. Sehingga itu disarankan pula untuk dapat menstimulisasi janin dengan sering mengajaknya bicara atau memperdengarkan musik-musik klasik selama masa kehamilan. Selain itu, ada pula metode lain yang bisa membantu merangsang potensi kecerdasan si kecil. Salah satunya dengan menyelesaikan permainan atau pun soal-soal yang mengasah otak.

Sumber: TTS Kompas – Dokumen Pribadi

Misalnya dengan mengisi buku teka teki silang. Secara tak langsung kita mempekerjakan otak kita untuk mencerna soal dan mencari jawaban yang tepat sesuai dengan tiap kolom. Semakin tinggi tingkat kesulitan maka semakin keras pula kerja otak kita. Namun berhati-hati dan tetaplah santai saat mengerjakannya yah! Jangan sampai terlalu tegang karena dapat menyebabkan stress pada janin.

3. Buku ilmu menyusui

Banyak wanita yang menyepelekan persoalan menyusui dan tidak membekali diri dengan ilmu penting ini. Alhasil saat bayi telah lahir, tak sedikit ibu yang merasa kesulitan memberikan asi pada anaknya. Padahal kalau kamu mau meluangkan sedikit waktu, buku bertema menyusui sangat bisa menjadi bekalmu agar lebih pede dan tidak kagok saat menghadapi bayi nantinya.

Sumber: Mizan Store

Sama seperti buku kehamilan, buku menyusui yang bagus sebaiknya dilengkapi dengan gambar dan tabel informatif, seperti teknik pelekatan yang benar, asumsi kapasitas lambung bayi, durasi waktu menyusui yang optimal, hingga perbedaan warna feses bayi. Semua ini tentunya diharapkan dapat membantu sang ibu untuk lebih memahami proses menyusui dan serentetan problem yang menyertainya.

4. Buku senam atau yoga kehamilan

Olahraga selama masa kehamilan seringkali disarankan oleh para dokter kandungan. Tak jarang para ibu hamil kemudian berbondong-bondong mengikuti berbagai kelas hamil yang diselenggarakan oleh institusi maupun pihak rumah sakit. Namun tahukah kamu, olahraga sejenis ini sejatinya dapat pula dilakukan dirumah?

Sumber: Dokumen Pribadi

Yang kamu perlukan tentu saja buku panduan senam kehamilan. Walau saat ini kita dapat mengikuti kelas-kelas online senam hamil secara daring, namun dengan berbekal buku fisik menguntungkan kamu dalam beberapa hal. Misalnya efisiensi waktu serta tempat, tambahan pengetahuan materi dasar kehamilan yang terkadang memang di paparkan pada buku-buku sejenis ini, juga adanya informasi gizi semasa kehamilan. Buku senam kehamilan biasanya dilengkapi pula dengan CD yang berisi gerakan olah tubuh, sehingga bisa diputar dimana saja dan menghemat kuota internet tentunya.

5. Buku tahap perkembangan bayi pada tahun pertama kehidupan

Selama ini kita hanya mengetahui bahwa bayi pada tahun pertama tak banyak melakukan kegiatan. Mereka biasanya hanya menyusu, tidur dan buang air. Beruntung kita tinggal dimasa sekarang sehingga akses informasi mengenai perkembangan kehidupan manusia dari awal kehidupannya telah tersedia. Contohnya bisa kita dapatkan dari buku ini. Buku Yes, Your Baby Is A Genius membahas tentang aktivitas-aktivitas apa saja yang bisa kita praktekkan untuk mengisi kegiatan harian si kecil. Dimulai dari kompetensi dasar seperti Refleks Babinski hingga ada juga kegiatan Program Rangsangan Sensori tingkat lanjut.

Seluruh aktivitas yang tercantum pada buku ini berdasarkan hasil riset bertahun-tahun Glenn dan Janet Doman yang memang memfokuskan penelitiannya pada perkembangan anak. Pada buku ini juga diselipkan alasan serta tujuan dari masing-masing aktivitas tersebut. Ya, memang buku ini diharapkan kelak sebagai pendamping pertama kita dalam melakukan mandatory sebagai orang tua untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi sesuai dengan usianya.

Nah itulah sekilas informasi mengenai buku-buku apa saja yang bisa memaksimalkan masa kehamilan anda. Tak hanya para istri, para suami diharapkan juga meluangkan waktu untuk membacanya loh! Adakah yang sedang anda baca saat ini?

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: